Tuesday, 29 January 2013

Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional


Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

Beberapa kalangan masyarakat masih mempertanyakan perbedaan antara bank syariah dengan konvensional. Bahkan ada sebagian masyarakat yang menganggap bank syariah hanya trik kamuflase untuk menggaet bisnis dari kalangan muslim segmen emosional. Sebenarnya cukup banyak perbedaan antara bank syariah dengan bank konvensional, mulai dari tataran paradigma, operasional, organisasi hingga produk dan skema yang ditawarkan. Paradigma bank syariah sesuai dengan ekonomi syariah yang telah dijelaskan di muka. Sedangkan perbedaan lainnya adalah sbb.:


Jenis perbedaanBank syariahBank konvensional
Landasan hukumAl Qur`an & as Sunnah + Hukum positifHukum positif
Basis operasionalBagi hasilBunga
Skema produkBerdasarkan syariah, semisal mudharabah, wadiah, murabahah, musyarakah dsbBunga
Perlakuan terhadap Dana MasyarakatDana masyarakat merupakan titipan/investasi yang baru mendapatkan hasil bila diputar/di’usahakan’ terlebih dahuluDana masyarakat merupakan simpanan yang harus dibayar bunganya saat jatuh tempo
Sektor penyaluran danaHarus yang halalTidak memperhatikan halal/haram
OrganisasiHarus ada DPS (Dewan Pengawas Syariah)Tidak ada DPS
Perlakuan AkuntansiAccrual dan cash basis (untuk bagi hasil)Accrual basis

Ditulis Oleh : Alie Raden -Alie raden.com

Artikel Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional ini diposting oleh Alie Raden pada hari Tuesday, 29 January 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar Facebook Dan Blogger.

Silahkan comentar melalui Facebook

0 comments:

Post a Comment