1/24/2016

Daftar Kelompok Bersenjata dalam Perang Sipil Suriah




 Secara garis besar, pihak-pihak yang terlibat dalam perang sipil Suriah bisa dibagi ke dalam 4 kubu utama, yaitu :
- kubu pro pemerintahan Bashar Al-Assad
- kubu anti pemerintahan Bashar Al-Assad
- kubu non-Arab dengan haluan politik yang bervariasi
- kubu "kekhalifahan" yang ingin mendirikan negara Islam di Suriah & sekitarnya



KUBU PRO PEMERINTAH

Syrian Armed Forces (SAF)

Terjemahan : Angkatan Bersenjata Suriah
Nama lain : Al-Quwwat Al-Musallaha Al-Suriyyah
Tahun berdiri : 1946
Ideologi : nasionalisme, sekulerisme

Militer resmi negara Suriah. Seperti halnya militer negara-negara lain, SAF juga dibagi ke dalam beberapa cabang berdasarkan spesialisasinya : pasukan darat, laut, udara, pertahanan udara, & intelijen. Selain 5 cabang tadi, SAF juga memegang kendali atas beberapa kelompok paramiliter yang berafiliasi dengan pemerintah Suriah. Sejak era Perang Dingin, Uni Soviet menjadi penyuplai utama persenjataan untuk militer Suriah - peran yang kemudian dilanjutkan oleh Rusia. Sebelum perang sipil meletus, SAF diperkuat oleh 300.000 personil militer. Namun jumlah tersebut terus menurun seiring berjalan waktu akibat gugur dalam perang & desersi massal ke kubu lawan.


National Defence Force (NDF)
Terjemahan : Pasukan Pertahanan Nasional
Nama lain : Quwat Ad-Difa Al-Watani, Shabiha
Tahun berdiri : 2013
Ideologi : nasionalisme, sekulerisme

Organisasi paramiliter yang dikelola oleh pemerintah & militer Suriah. Keanggotaan NDF terdiri dari milisi-milisi pro-pemerintah yang digaji & dilatih oleh pemerintah. Namun tidak seperti SAF, NDF hanya terdiri dari pasukan darat. Tujuan pembentukan NDF adalah untuk mengakomodasi penduduk setempat supaya mereka bisa mempertahankan daerahnya sendiri dari pasukan anti-pemerintah & menciptakan organisasi paramiliter yang lebih profesional daripada Shabiha (milisi pro-pemerintah yang terkenal akan kebrutalannya). Berdasarkan data bulan Agustus 2013, jumlah anggota NDF adalah sekitar 100.000 personil.


Syrian Resistance (SR)

Terjemahan : Perlawanan Suriah
Nama lain : PFF-LI, Muqawamat al-Suriyah
Tahun berdiri : 2011
Ideologi : komunisme

Organisasi paramiliter yang dibentuk & dipimpin oleh Mihrac Ural / Ali Kayali, seorang penganut agama Islam sekte Syiah cabang Alawit yang berkebangsaan Turki. Tidak seperti NDF, SR beroperasi secara independen di luar kendali pemerintah Suriah. Walaupun SR mengusung ideologi komunisme yang berarti SR tidak padang bulu dalam hal kesukuan & sektarian agama, dalam praktiknya SR cenderung mengistimewakan orang-orang Syiah & Alawit di mana SR menjadikan orang-orang dari golongan tersebut sebagai prioritas untuk dilindungi. Berdasarkan data bulan Mei 2013, jumlah anggota SR adalah sekitar 2.000 personil.


Hizbullah

Terjemahan : Partai Tuhan
Nama lain : Hezbollah, Hizb Allah
Tahun berdiri : 1982
Ideologi : Islam Syiah

Organisasi paramiliter merangkap partai politik yang berbasis di Lebanon. Awalnya terbentuk di tengah-tengah berkecamuknya perang sipil Lebanon, Hizbullah kini menjadi salah satu kelompok bersenjata yang sangat getol memerangi Israel. Hizbullah kerap dianggap sebagai perpanjangan tangan dari Iran karena Hizbullah memang menerima bantuan senjata, uang, & pendidikan militer dari Iran. Sejak bulan Oktober 2012, Hizbullah ikut terlibat dalam perang sipil Suriah dengan dalih membantu melindungi orang-orang Syiah di Suriah. Tidak diketahui secara pasti jumlah persis anggota Hizbullah. Namun laporan yang dirilis pada tahun 2008 mengestimasi kalau Hizbullah memiliki 1.000 personil inti & 10.000 personil cadangan.


Al-Abbas Brigade

Terjemahan : Pasukan Al-Abbas
Nama lain : Liwa' Abu Al-Fadl Al-Abbas
Tahun berdiri : 2012
Ideologi : Islam Syiah

Organisasi paramiliter yang keanggotaannya didominasi oleh relawan-relawan Syiah yang datang dari Irak, negara tetangga Suriah di sebelah timur. Nama "Al-Abbas" pada kelompok ini diambil dari nama putra mendiang khalifah Ali bin Abi Thalib. Kelompok ini dilatih secara khusus oleh militer Iran & Hizbullah di mana tujuan dari pembentukan Pasukan Al-Abbas adalah untuk melindungi pemukiman & tempat-tempat sakral komunitas Syiah di Suriah. Jika ada anggota Al-Abbas yang terbunuh di Suriah, maka jasadnya akan dipulangkan ke Irak untuk dikuburkan di sana. Berdasarkan data bulan September 2013, jumlah anggota Al-Abbas adalah sekitar 10.000 personil.



KUBU ANTI PEMERINTAH

Free Syrian Army (FSA)

Terjemahan : Tentara Suriah Merdeka
Nama lain : Al-Jaysh As-Suri Al-Hurr
Tahun berdiri : 2011
Ideologi : campuran

Kelompok pemberontak utama dalam perang sipil Suriah. FSA terbentuk ketika sejumlah tentara pemerintah Suriah (SAF) memilih untuk membelot karena enggan menembaki para demonstran anti-pemerintah yang tidak bersenjata. Seiring berjalannya waktu, jumlah personil FSA terus bertambah karena banyak warga sipil yang tidak menyukai rezim Assad juga ikut bergabung dalam FSA dengan harapan bisa menggulingkan rezim Assad lewat jalur perlawanan bersenjata. FSA menerima bantuan persenjataan & pelatihan militer dari AS & sejumlah negara Arab yang tidak menyukai rezim Assad. Berdasarkan data bulan Desember 2013, jumlah anggota FSA adalah sekitar 50.000 personil.


Jabhat Al-Nusra

Terjemahan : Front Pendukung
Nama lain : Al-Nusra Front, Al-Qaeda in Syria
Tahun berdiri : 2012
Ideologi : Islam garis keras

Kelompok pemberontak yang memiliki afiliasi dengan Al-Qaeda & kerap menggunakan taktik seperti bom bunuh diri. Al-Nusra aslinya merupakan anggota ISI - kelompok cikal bakal ISIS - yang dikirim dari Irak untuk ikut berpartisipasi dalam perang sipil Suriah. Banyak dari anggotanya yang merupakan veteran konflik Irak sehingga kelompok ini pun menjadi salah satu kelompok paling tangguh & berpengalaman dalam perang sipil Suriah. Memasuki bulan Maret 2013, Al-Nusra harus mengalami pukulan berat setelah sebagian anggotanya membelot untuk bergabung dengan ISI  & membentuk ISIS. Berdasarkan data bulan Mei 2013, jumlah anggota Al-Nusra adalah sekitar 20.000 personil.


Islamic Front (IF)

Terjemahan : Front Islam
Nama lain : Al-Jabhat Al-Islamiyah
Tahun berdiri : 2013
Ideologi : Islam

Kelompok pemberontak yang terbentuk setelah 7 kelompok pemberontak Islamis Suriah melakukan peleburan pada bulan November 2013. Dibandingkan dengan kelompok-kelompok Islamis lainnya seperti Al-Nusra & ISIS, IF cenderung lebih moderat karena mereka menghindari tindakan ekstrimisme berbasis agama & bersedia untuk ikut serta dalam pemerintahan demokratis Suriah jika rezim Assad pada akhirnya berhasil digulingkan. IF dikabarkan menerima bantuan finansial & persenjataan dari Arab Saudi. Berdasarkan data bulan Januari 2014, jumlah anggota IF adalah sekitar 60.000 personil.


Army of Mujaheden (AM)

Terjemahan : Tentara Mujahidin
Nama lain : Jaish Al-Mujahidin
Tahun berdiri : 2014
Ideologi : Islam

Kelompok pemberontak berhaluan Islam yang dibentuk pada bulan Januari 2014 untuk memerangi ISIS di Aleppo, Suriah utara. Walaupun baik ISIS maupun kelompok pemberontak sama-sama memusuhi pemerintah Suriah, kelompok pemberontak Suriah tidak menyukai ISIS karena ISIS kerap memerangi kelompok pemberontak Suriah untuk mencaplok wilayah kekuasaan mereka. Alasan lain kenapa kelompok pemberontak Suriah - termasuk yang berhaluan Islam - tidak menyukai ISIS adalah karena ISIS dianggap mempraktekkan hukum syariat Islam secara brutal & berlebihan. AM pun dibentuk sebagai respon atas situasi tersebut. Di bulan yang sama dengan bulan pembentukannya, AM mengklaim kalau mereka diperkuat oleh 5.000 personil.



KUBU NON-ARAB

Yekineyen Parastina Gel (YPG)

Terjemahan : Unit Perlindungan Rakyat
Nama lain : People's Protection Units
Tahun berdiri : 2011
Ideologi : fanatisme Kurdi

Kelompok bersenjata yang keanggotaannya didominasi oleh etnis Kurdi, etnis minoritas Suriah yang populasinya terkonsentrasi di sebelah utara negara tersebut. YPG tidak memiliki agenda politik khusus & dibentuk untuk melindungi etnis Kurdi setempat dari ancaman kelompok bersenjata lain. Supaya bisa mengerahkan prajurit sebanyak mungkin di medan konfllik, YPG tidak menerapkan kebijakan diskriminasi gender & memperbolehkan prajurit wanita ikut terlibat dalam pertempuran di garis depan. Berdasarkan data bulan November 2013, jumlah anggota YPG adalah sekitar 50.000 personil.


Jabhat Al-Akrad

Terjemahan : Front Kurdi
Nama lain : Kurdish Front Brigade, Eniya Kurdan
Tahun berdiri : 2012
Ideologi : fanatisme Kurdi

Kelompok bersenjata yang beranggotakan mantan anggota FSA dari etnis Kurdi. Tidak seperti YPG yang sejak awal mengambil sikap netral, Al-Akrad memposisikan dirinya sebagai kelompok penentang rezim Assad & sempat menjadi bagian dari FSA. Namun sejak bulan Agustus 2013, hubungan baik antara FSA dengan Al-Akrad memudar karena adanya tuduhan kalau Al-Akrad memiliki hubungan dengan PKK, kelompok pemberontak Kurdi di wilayah Turki yang dikategorikan sebagai kelompok teroris oleh AS & negara-negara Eropa. Sekarang, fokus perjuangan Al-Akrad adalah memerangi pasukan ISIS di Suriah timur & utara. Tidak diketahui secara pasti jumlah anggota Al-Akrad, namun kelompok yang bersangkutan pada bulan Agustus 2013 mengklaim kalau mereka memiliki 7.000 personil.


Mawtbo Fulhoyo Suryoyo (MFS)

Terjemahan : Dewan Militer Suryani
Nama lain : Syriac Military Council
Tahun berdiri : 2013
Ideologi : fanatisme Asyur / Suryani

Kelompok bersenjata yang keanggotaannya didominasi oleh etnis Asyur / Suryani, etnis minoritas Suriah yang umumnya menganut agama Kristen. Tujuan pembentukan MFS adalah untuk memperjuangkan hak-hak etnis Asyur di Suriah & melindungi penduduk Asyur dari ancaman kelompok bersenjata lain. Daerah operasi MFS sendiri berada di kawasan padat penduduk dengan populasi etnis Asyur berjumlah signifikan seperti Aleppo, Homs, & Damaskus. Seperti halnya YPG, MFS juga memposisikan dirinya sebagai kelompok yang netral & hanya melibatkan diri dalam konflik jika tujuannya adalah melindungi komunitas Asyur. Tidak diketahui berapa jumlah personil yang dimiliki MFS.


Sutoro

Terjemahan : -
Nama lain : -
Tahun berdiri : 2012
Ideologi : fanatisme Asyur / Suryani

Kelompok bersenjata selain MFS yang keanggotaannya juga didominasi oleh etnis Asyur / Suryani. Tujuan utama pembentukan Sutoro adalah untuk menjaga ketertiban kawasan & melindungi komunitas Asyur di Suriah utara dari ancaman kelompok bersenjata Suriah yang lain. Berbeda dengan MFS yang netral, keanggotaan Sutoro terbelah antara mereka yang pro dengan mereka yang kontra dengan rezim Assad. Namun belakangan, kubu pro-Assad menjadi kubu yang lebih dominan dalam tubuh Sutoro. Berdasarkan data bulan Mei 2014, Sutoro diketahui memiliki anggota berjumlah sekitar 400 personil.



KUBU "KEKHALIFAHAN"

Islamic State of Iraq & Al-Sham (ISIS)

Terjemahan : Negara Islam Irak & Syam
Nama lain : ISIL, DAESH, Islamic State
Tahun berdiri : 1999
Ideologi : Islam garis keras

Kelompok bersenjata merangkap negara tanpa pengakuan internasional yang dimusuhi oleh hampir semua kelompok bersenjata di Suriah. ISIS awalnya merupakan kelompok cabang Al-Qaeda di Irak yang berhasil tumbuh menjadi kekuatan baru di Timur Tengah dengan memanfaatkan kacaunya situasi keamanan di Irak & Suriah. Namun sejak awal tahun 2014, Al-Qaeda memutuskan hubungannya dengan ISIS karena menganggap metode perjuangan ISIS terlalu brutal. Memasuki bulan Juni 2014, ISIS memproklamasikan pendirian kekhalifahan secara sepihak & mengumumkan rencananya untuk melakukan perluasan wilayah ke seluruh dunia. Berdasarkan data bulan Agustus 2014, jumlah anggota ISIS adalah sekitar 31.000 personil. 



Sumber :

© Rep. Eusosialis Tawon

Ditulis Oleh : Raden Alie

Artikel Daftar Kelompok Bersenjata dalam Perang Sipil Suriah ini diposting oleh Raden Alie pada hari 1/24/2016. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar Facebook Dan Blogger.

Silahkan comentar melalui Facebook

0 komentar:

Posting Komentar