6/05/2016

Kapan Puasa Ramadhan 2016 / 1437 H ?? ini Jawabanya


Tak terasa bulan Ramadhan yang di nanti akan segera datang Tapi Kapan puasa tahun ini akan tiba ini jawabanya ?? Sebagai pertanda awal Ramadhan sebelumnya harus dilakukan pengamatan dan observasi terlebih dahulu terkait posisi hilal. Hilal adalah penampakan bulan sabit muda yang terlihat pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi), yaitu di waktu sesudah maghrib. Ada alasan yang mendasari mengapa hilal hanya dapat terlihat saat petang atau magrib, yaitu disebabkan bentuk dari bulan sabit muda yang masih sangat tipis dengan cahaya yang masih sangat redup. Dikarenakan cahaya bulan sabit muda yang redup ini, maka terdapat kemungkinan tertutup oleh cahaya matahari yang jauh lebih terang sehingga mengakibatkan hilal menjadi tidak terlihat.

Sebagaimana yang pernah diberitakan sebelumnya, Lapan menyebutkan jika kemungkinan jatuhnya awal puasa Ramadhan serta Idul Fitri yang dimulai dari tahun 2015 hingga tahun 2022 di Indonesia akan serempak. Hal berbeda terjadi untuk Idul Adha, karena keseragaman baru akan terjadi mulai tahun 2016 hingga tahun 2022. Prediksi ini dikemukakan oleh Lapan dikarenakan faktor posisi bulan yang berada cukup tinggi.

Lalu bagaimana dengan Ramadhan tahun ini?. Berdasarkan hasil penelusuran dibeberapa website,awal puasa 2016 disepakati jatuh pada tanggal 6 Juni 2016 baik oleh NU maupun Muhammadiyah. Sedangkan Hari Raya Idul Fitri nampaknya juga akan diperingati secara berbarengan baik oleh Muhammadiyah dan NU yaitu jatuh pada tanggal 6 dan 7 Juli 2016.Pengamatan hilal ini menggunakan dua metode, yaitu metode hisab dan rukyat.


Metode hisab adalah metode untuk menentukan posisi bulan menggunakan perhitungan serta kalkulasi astronomis yang dilakukan secara matematis untuk mengetahui waktu dimulainya awal bulan yang terdapat pada kalender Hijriyah.


Metode rukyat merupakan kegiatan pengamatan hilal yang dilakukan secara langsung. Aktivitas ini mencakup pengamatan terhadap posisi bulan sabit muda yang terlihat untuk pertama kalinya setelah konjungsi. Pengamatan dengan metode ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan cara melihat langsung tanpa menggunakan alat bantu atau dapat juga dengan menggunakan alat optik seperti teleskop.

Nah dengan Demikian Awal Puasa Tahun 2016 menurut kesepakatan Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama atau NU  jatuh pada tanggal 6 Juni 2016  



Ditulis Oleh : Raden Alie

Artikel Kapan Puasa Ramadhan 2016 / 1437 H ?? ini Jawabanya ini diposting oleh Raden Alie pada hari 6/05/2016. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar Facebook Dan Blogger.

Silahkan comentar melalui Facebook

0 komentar:

Posting Komentar