6/10/2017

Ciri-ciri Penyakit Gagal Ginjal

Seringkali ciri-ciri penyakit gagal ginjal ini hampir sama dengan penyakit umum lainnya, sehingga penanganan biasanya sering  kali terlambat. Adapun ciri-ciri penyakit gagal ginjal  yang pada umumnya dirasakan oleh penderita gagal ginjal dalah sebagai berikut:
  • Kepala Pusing dan Sulit berkonsentrasi.
Jika anda mengalami gejala anemia yang tentunya berkaitan dengan penyakit gagal ginjal, hal ini berarti bahwa otak anda kurang mendapatkan oksigen yang cukup sehingga mengakibatkan pusing kepala dan susah untuk berkonsentrasi. Bahkan ada yang sampai kehilangan keseimbangan sewaktu berjalan karena parahnya anemia yang dirasakannya.
  • Rasa gatal yang berlebihan atau disebut dengan kulit ruam.
Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi ginjal yang paling utama adalah untuk membuang limbah atau kotoran dari aliran darah. Jika fungsi ginjal sudah tidak berfungsi normal maka akan terdapat penumpukan kotoran didalam tubuh yang mengakibatkan rasa gatal yang berlebihan. Pada umumnya rasa gatal yang parah ini biasanya juga disertai dengan pembengkakan diberbagai bagaian tubuh pasien seperti tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dll.
  • Tubuh Merasa Kedinginan.
Penderita penyakit gagal ginjal biasanya juga merasakan kedinginan sepanjang waktu, walaupun ia berada di suhu yang hangat. Biasanya menyerang pada malam hari ketika ia bangun tidur dengan tubuh dingin sampai mengigil.
  • Sesak Nafas.
Sesak nafas juga berkaitan dengan penyakit gagal ginjal. Dimana ada dua masalah sehingga menimbulkan ganguan pada pernafasan Anda. Sesak nafas untuk kasus yang pertama adalah adanya cairan yang berlebih karena tidak berfungsinya ginjal sehingga cairan tersebut akan menutup saluran paru-paru. Dan kedua, anemia (kekurangan oksigen pembawa sel-sel darah merah) yang mengakibatkan tubuh anda kekurangan oksigen dan kehabisan nafas. Pada kasus ciri-ciri penyakit ginjal sesak nafas ini, biasanya pasien gagal ginjal akan sulit tidur karena kesulitan bernafas dan perut kembung terus-menerus. Aktisitas yang memerlukan sedikit gerak fisik pun akan terasa sangat berat.
  • Sakit di Sekitar Daerah Pinggang.
Ada beberapa orang juga mengalami masalah dibagian pinggangnya, dan ini ada hubungannya dengan penyakit batu ginjal. Namun memang beberapa penyakit batu ginjal tidak menimbulkan gejala yang berarti. Namun jika batu ginjal itu terjebak didalam ureter ( saluran kecil antara kandung kemih dan ginjal) maka gejala rasa sakit akan terasa sangat parah. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.

Demikian Ciri-ciri Penyakit Gagal Ginjal terimakasih atas kunjunganya semoga bermaanfaat

Ditulis Oleh : Raden Alie

Artikel Ciri-ciri Penyakit Gagal Ginjal ini diposting oleh Raden Alie pada hari 6/10/2017. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar Facebook Dan Blogger.

Silahkan comentar melalui Facebook

0 komentar:

Posting Komentar