6/07/2017

Mengenal Jenis Kolesterol yang Anda Konsumsi

Mengenal Jenis Kolesterol yang Anda Konsumsi
Mengenal Jenis Kolesterol yang Anda Konsumsi. Hai sahabat, Kolesterol merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular. Dengan kadar kolesterol yang tinggi bias menimbulkan plak atau penimbunan lemak pada pembuluh arteri sehingga mengakibatkan aliran darah tersumbat. Tidak semua kolesterol itu selalu buruk, kolesterol terdiri dari beberapa bentuk, mulai dari kolesterol baik hingga kolesterol buruk. Berikut uraiannya untuk Anda.

Chylomicrons

Chylomicrons didapat dari lemak-lemak yang Anda makan. Karena lemak tidak dapat diserap dengan baik dalam bentuk alaminya, maka lemak-lemak tersebut akan diubah menjadi substansi yang dapat diserap oleh besi. Saat lemak melewati lambung ke dalam  usus halus, enzim dari pancreatic juices dan cairan dari hati dan kandung kemih menciptakan chylomicrons (yang sebagian besar tersusun dari trigliserida) dengan menyusun kembali molekul-molekul lemak ini dan meningkatkan pencernaan. Kemudian, enzim lipase akan memecah chylomicrons menjadi asam lemak yang dapat digunakan sebagai energi atau disimpan di dalam sel-sel lemak.
Kolesterol HDL (high-density lipoprotein)
Ada dua bentuk utama HDL yaitu HDL 2 dan HDL 3. Kedua bentuk kolesterol baik ini berfungsi melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular. Kedua jenis HDL ini biasanya dihitung bersamaan sebagai kolesterol HLD.
Kolesterol HDL bergerak di dalam aliran darah dan menyedot kolesterol jahat (seperti vacuum cleaner biologis). HLD akan membawa lilin kolesterol dari tumpukan lemak di pebuluh arteri, untuk selanjutnya dipecah di dalam hati. Semakin tinggi kadar HDL  Anda, maka pembersihan akan semakin baik. Proses ini akan menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Intinya, semakin tinggi kadar HDL Anda, maka semakin baik.
Kolesterol VLDL (very low density lipoprotein)
Sama seperti chylomicrons, kolesterol VLDL sebagian besar tersusun dari trigliserida. VLDL bisa dibentuk dengan memecah chylomicrons atau diproduksi oleh hati. Selanjutnya, partikel-partikel kaya trigliserida ini bisa diangkut ke seluruh tubuh  untuk digunakan sebagai energi atau disimpan di paha, pinggang, pantat, dan tempat-tempat penyimpanan lainnya. Meskipun kadar VLDL tinggi dikaitkan dengan penyakit jantung koroner, tetapi jenis kolesterol ini tidak menimbulkan kerusakan separah  kolesterol LDL. Saat kadar VLDL (atau chylomicron) meningkat, maka kadar trigliserida akan meningkat sedang kadar kolesterol baik HDL menurun.
Kolesterol LDL
Kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol jahat. Kolesterol satu ini merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular karena menghambat pembuluh arteri. Bagi Anda yang tidak mempunyai penyakit jantung, ada baiknya mengurangi kadar kolesterol  hingga 110 mg/dl. Kadar kolesterol pada tingkat ini bisa membantu Anda menghindari penyakit jantung. Akan tetapi, jika Anda menderita penyakit jantung koroner, Anda disarankan menurunkan kadar LDL hingga di bawah 100 mg/dl. Pada tingkat ini, plak  kolesterol mulai pecah, dan arteri bebas dari hambatan. Intinya, semakin rendah kadar LDL Anda maka semakin baik.

Ditulis Oleh : Raden Alie

Artikel Mengenal Jenis Kolesterol yang Anda Konsumsi ini diposting oleh Raden Alie pada hari 6/07/2017. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar Facebook Dan Blogger.

Silahkan comentar melalui Facebook

0 komentar:

Posting Komentar