6/11/2017

Mengenal Penyakit Menopause Dini


Menopause dini terjadi karena rentang hidup sistem reproduksi wanita telah berakhir lebih awal, karena ovariumnya berhenti memproduksi estrogen dan progesteron, yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus reproduksi wanita.Menopause adalah kondisi berhentinya perdarahan dan siklus menstruasi, yang menandai akhir dari masa reproduksi wanita. Menopause umumnya terjadi pada wanita di usia 40-an atau 50-an. Tetapi, tahukah Anda bahwa kini banyak wanita yang mengalami menopause lebih dini. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk tekanan kerja dan stres. Nah, berikut adalah tanda-tanda wanita mengalami menopause dini, seperti dilansir Boldsky.

1. Kekeringan vagina

Ketika mengalami siklus hormonal, vagina akan selalu dilumasi dengan baik. Tetapi jika vagina menjadi kering untuk jangka waktu yang cukup lama, itu bisa berarti Anda telah mendekati menopause.

2. Sensasi terbakar  ( Hot flashes )

Ini adalah tanda yang paling umum dari menopause. Jika Anda masih dalam usia dua puluhan dan merasa seperti telinga Anda terbakar, Anda perlu segera ke dokter.

3. Perubahan suasana hati

Banyak wanita mengalami perubahan suasana hati di mana mereka merasa mudah marah, sedih dan melankolis. Mereka juga sering merasa tertekan dan bahkan memiliki pikiran untuk bunuh diri kadang-kadang.

4. Perubahan pola tidur

Beberapa wanita mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat tidur nyenyak karena depresi atau gejolak hormonal. Perubahan pola tidur ini dapat mempengaruhi suasana hati, produktivitas kerja dan juga hubungan pribadi.

5. Gairah seks yang rendah

Pada usia 20-an dan 30-an, dorongan seksual wanita seharusnya sedang berada di puncak. Tetapi jika Anda telah menghindari seks dan membuat banyak alasan untuk mengalihkan perhatian pasangan, Anda perlu segera memeriksakan kadar hormon Anda.

6. Menstruasi tidak teratur

Ketika siklus menstruasi menjadi tidak teratur secara tiba-tiba, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Periode menstruasi yang tidak teratur adalah bukti konklusif dari menopause dini.

7. Rendah kalsium

Ketika tingkat estrogen berkurang dalam tubuh, tulang mulai kehilangan kalsium. Jadi jika Anda mengalami sakit sendi atau tulang yang lemah, itu bisa berarti masa menopause sedang mendekati Anda.

8. Palpitasi

Hormon reproduksi wanita melindungi jantung dari kerusakan. Ketika masa menopause sudah dekat, kondisi itu akan mulai mempengaruhi kesehatan jantung. Palpitasi adalah tanda masalah jantung.

9. Infertilitas

Jika kadar hormon dan menstruasi menjadi tidak teratur, Anda akan memiliki kesulitan untuk hamil. Infertilitas atau ketidaksuburan menjadi hal yang umum di antara wanita yang mendekati menopause dini.

10. Rambut rontok

Folikel rambut akan mengalami kelaparan karena kekurangan pasokan estrogen. Hal ini dapat menyebabkan rambut rontok atau penipisan rambut secara bertahap atau bahkan tiba-tiba. Mungkin juga ditandai dengan rontoknya rambut kemaluan secara bertahap.

Demikian Artikel Mengenal Penyakit Menopause Dini Semoga bermanfaat

Ditulis Oleh : Raden Alie

Artikel Mengenal Penyakit Menopause Dini ini diposting oleh Raden Alie pada hari 6/11/2017. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar Facebook Dan Blogger.

Silahkan comentar melalui Facebook

0 komentar:

Posting Komentar