6/07/2017

Penyebab Penyakit Jantung


faktor penyebab penyakit jantung

Penyebab Penyakit Jantung - Menurut informasi dari Persatuan Jantung Amerika, ada sepuluh perkara yang disebut sebagai faktor primer mengapa seseorang mempunyai resiko untuk mendapatkan penyakit jantung. Faktor primer tersebut adalah sebagai berikut :
1. Sejarah keluarga. Jikalau anda berasal dari keluarga yang mendapatkan serangan jantung lebih besar dibandingkan dengan mereka yang keluarganya bebas dari penyakit jantun. Bahkan penelitian menunjukan bahwa resiko tersebut berkisar dari 2 sampai 5 kali lebih banyak, teristimewa bila angota keluarga dekat pernah atau mempunyai problema jantung.

2. Stres dan sikap serta kepribadian yang menghasilkan strss. Ketegangan, stres dan sikap yang agresif memberikan tekanan kepada jantung dan memberikan resiko yang lebih besar untuk mendapatkan serangan jantung. Dalam keadaan stres, hormon dalam tubuh secara otomatis akan bereaksi dan mempercepat denyut jantung dan menaikkan tekanan darah.

3. Kurang kegiatan tubuh. Pasal ini akan menjelaskan bagaimana tubuh yang kurang kegiatan menyebabkan banyaknya kemungkinan untuk mendapatkan penyakit jantung.

4. Tekanan darah tinggi. Lebih tinggi tekanan darah, maka kemungkinan untuk mendapatkan serangan jantungpun makin meningkat.

5. EKG yang abnormal. EKG adalah satu alat pemeriksaan yang dapat menunjukan kemungkinan untuk penyumbatan pembuluh darah dan pembesaran jantung, bahkan serangan jantung, EKG seseorang dalam keadaan stres dapat memberikan ramalan yang lebih akurat sebab menunjukan keadaan jantung dalam keadaan tegang yang berbeda dengan keadaan rileks.

6. Kegemukan. Seorang yang mempunyai berat badan 15-20% atau lebih diatas berat normal mempunyai resiko yang lebih besar untuk mendapat serangan penyakit jantung. Dengan demikian lebih berat badan seseorang, kemungkinan untuk meninggal akibat serangan jantung makin besar.

7. Merokok. Berbagai penelitian menunjukan bahwa merokok adalah salah satu penyebab dari penyakit jantung. Misalnya seseorang yang merokok 2 bungkus rokok perhari mempunyai resiko 3 kali lipat untuk meninggal disebabkan oleh serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

8 Kolesterol. Untuk laki-laki, resiko untuk mendapat serangan jantung pertama menjadi 2 kali lipat lebih besar bila kadar kolesterol meningkat dari 225-250 menjadi 300 atau lebih. Data lain dari Penelitian Framingham menunjukan bahwa seorang dengan kolesterolnya yang naik dari 194 sampai diatas 250 mempunyai resiko serangan penyakit jantung 3 kali lipat lebih besar.

9. Trigliserida. Adanya lemak dalam darh ini mempunyai hubungan yang dekat dengan kegemukan, dan dikenal sebagai salah satu faktor resiko untuk penyakit jantung. Dengan demikian, lebih tinggi trigliserida, lebih tinggi resiko penyakit jantung.

10. Kadar gula waktu berpuasa. Berbagai penelitian menunjukan bagaimana diabetes (penyakit kencing manis) dan peningkatan gula dalam darah berhubungan dengan penyakit jantung. Lebih tinggi kadar gula dalam darah, lebih besar pula resiko untuk mendapatkan penyakit jantung.

 

Ditulis Oleh : Raden Alie

Artikel Penyebab Penyakit Jantung ini diposting oleh Raden Alie pada hari 6/07/2017. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar Facebook Dan Blogger.

Silahkan comentar melalui Facebook

0 komentar:

Posting Komentar