6/13/2017

Gejala Ginjal Dan Pengobatanya

|2 komentar
Fungsi utama ginjal adalah untuk mengeluarkan produk sisa dan kelebihan air dari darah. Proses ginjal sekitar 200 liter darah setiap hari dan menghasilkan sekitar dua liter urin. Produk limbah yang dihasilkan dari proses metabolisme normal termasuk kerusakan jaringan aktif, makanan tertelan, dan zat lainnya. Ginjal memungkinkan konsumsi berbagai makanan, obat-obatan, vitamin dan suplemen, aditif, dan kelebihan cairan yang beracun tanpa khawatir oleh-produk akan membangun hingga tingkat berbahaya. Ginjal juga berperan besar dalam mengatur tingkat berbagai mineral seperti kalsium , natrium , dan kalium dalam darah.

 

Penyebab Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit yang mendasari, gangguan atau kondisi yang menyebabkan kerusakan ginjal, seperti obstruksi, infeksi, keganasan, peradangan, kelainan bentuk, menelan racun, atau suplai darah yang berkurang ke ginjal. Penyebab meliputi:
1. Diabetes, yang dapat merusak ginjal dari waktu ke waktu
2. Penyakit yang menyebabkan peradangan dan kerusakan pada ginjal, seperti nefritis dan glomerulonefritis
3. Hipertensi (tekanan darah tinggi) Infeksi, seperti infeksi kandung kemih berulang, pielonefritis (infeksi ginjal), atau septicemia (infeksi darah)
4. Intravena (IV) penyalahgunaan obat
5. Kanker ginjal
6. Overdosis obat-obatan tertentu, atau penggunaan jangka panjang obat tertentu, seperti obat anti-inflammatory drugs (NSAID). Contoh OAINS termasuk ibuprofen (Advil, Motrin) dan naproxen (Aleve, Naprosyn).
7. Penyakit ginjal polikistik (penyakit warisan yang menyebabkan pembentukan kista besar dalam ginjal yang merusak jaringan ginjal)
8. Berkurangnya aliran darah ke ginjal karena shock atau stenosis arteri ginjal (penyempitan arteri ginjal)
9. Lupus eritematosus sistemik (gangguan di mana tubuh menyerang sel sendiri sehat dan jaringan) dan penyakit autoimun lainnya yang dapat menyerang ginjal
10. Trauma atau cedera pada ginjal atau arteri yang memasok darah ke ginjal
11. Obstruksi saluran kemih, yang dapat disebabkan oleh batu ginjal, tumor, kelainan bawaan, atau pembesaran prostat kelenjar


Gejala Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjal bervariasi sesuai dengan penyebab yang mendasari. Gejala umum dapat termasuk:

1. Berubah warna urin
2. Kesulitan buang air kecil
3. Kering dan gatal kulit
4. Mudah memar
5. Kelelahan
6. Urin berbau busuk 
7. Sering buang air kecil
8. Kejang otot
9. Nyeri buang air kecil
10. Pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki
11. Mendesak buang air kecil
12.Gejala yang tidak jelas, seperti kelelahan , sulit tidur, nafsu makan menurun, atau umumnya tidak enak badan
   

Pengobatan Umum Penyakit Ginjal

Untuk semua jenis dan penyebab penyakit ginjal, rencana pengobatan umumnya meliputi:

1. Diet rendah garam 
2. Monitoring dan kontrol tekanan darah
3. Tidak merokok atau berhenti merokok
4. Prompt pengobatan infeksi kandung kemih
5. Reguler perawatan medis
6. Penurunan berat badan sesuai kebutuhan dan pemeliharaan berat badan yang sehat
 
Demikian Gejala Ginjal Dan Pengobatanya semoga bermanfaat

Silahkan comentar melalui Facebook

Kenapa Bayi Menangis dan rewel terus

|0 komentar

Kenapa Bayi Menangis dan rewel terus

Berikut adalah alasan paling umum bayi menangis. Jika si kecil Anda menangis dan Anda tidak tahu mengapa. Kemungkinan Anda akan menemukan sesuatu yang membantu. 

Kelaparan Ini mungkin adalah hal pertama yang Anda pikirkan ketika bayi Anda  menangis. Belajar untuk mengenali tanda-tanda kelaparan akan membantu anda memulai menyusui bayi Anda Ketika si kecil lapar, tidurnya akan mulai gelisah. Ia juga jadi sering meregangkan tubuh dan banyak bergerak anda bisa menyentuh bibirnya jika ia membuka mulut saat bibirnya disentuh, ini berarti ia memang lapar. frekuensi suara tangisannya akan lebih sering. seiring dengan pergerakan kedipan matanya yang lebih sering dan cepat (rapid eye movement). Ketika bayi menangis karena  lapar, si ibu juga bisa merasakannya Seringkali kondisi payudara ibu penuh ASI ini menjadi pertanda alami bahwa si kecil sudah lapar dan ingin segera menyusu.

saat popok bayi anda basah atau penuh karena kotoran (kencing atau tinja), maka bayi anda akan merasa tidak nyaman dan menyebabkan dia menangis. oleh karena itu jika bayi anda menangis maka cobalah periksa popoknya, jika basah atau kotor segeralah mengganti dengan popok yang baru. Popok yang kotor bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Energinya tidak sama dengan orang dewasa. Saat dia sudah lelah namun Anda masih semangat mengajaknya beraktivitas. Akibatnya anak jadi rewel dan menangis. Tanda-tanda bayi mengantuk menurut Elizabeth Pantley:
  • Aktivitas dan gerakan yang dilakukan menurun.
  • Bayi menjadi lebih diam.
  • Tak lagi minat dan tertarik pada mainan, orang dan ajakan bermain.
  • Menggosok-gosok matanya dengan tangan.
  • Rahang, dahi dan mulut tampak rileks, tampak seperti sedang melamun.
  • Pandangan mata sayu atau terlihat tidak fokus.
  • Menjadi gelisah dan rewel, atau menangis.
  • Terlihat tak sabar saat minta digendong dan tantrum.
  • Menguap terus.
Masalah perut (gas, kolik, dan banyak lagi) 
Masalah perut yang berhubungan dengan gas atau kolik dapat menyebabkan banyak menangis. Jika bayi Anda sering rewel dan menangis setelah diberi makan, ia mungkin merasa semacam sakit perut.


Selain makan dan tidur, bayi juga memerlukan perhatian dan belaian kasih sayang. Bayi seringkali menangis hanya untuk mendapatkan kehangatan pelukan Anda. Berbeda dengan makan dan tidur, yang merupakan kebutuhan fisik dan dampaknya langsung terasa bila bayi tidak mendapatkannya, kebutuhan emosional tidak berdampak langsung. Kekurangan perhatian dan kasih sayang baru akan berdampak dalam jangka panjang. Bila seorang bayi sering dibiarkan terus berteriak dan menangis tanpa ada yang memerhatikan, dia akan berkesimpulan bahwa tidak seorang pun peduli dengannya.


kalau bayi anda rewel di tempat yang baru kemungkinan karena dia merasa tidak nyaman. AJak mengobrol atau alihkan perhatian ke hal yang lain anda juga bisa bernyanyi atau menggendong dan mengayunnya hal ini dapat menenangkan dan membuat bayi anda tidak cemas lagi.

Silahkan comentar melalui Facebook

Efek samping obat pelangsing bagi kesehatan

|0 komentar


Berikut beberapa efek samping obat pelangsing yang sering terjadi, mulai dari yang paling ringan hingga berat, seperti dilansir Onlymyhealth :

1. Masalah pencernaan

Efek samping yang paling umum dari obat pelangsing adalah keluhan lambung. Ada blocker lemak yang hadir dalam obat pelangsing dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, gas berlebihan dan bahkan diare.

Sebagian besar elemen juga mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin. Kekurangan vitamin dalam tubuh adalah efek samping yang umum dari obat pelangsing. Karenanya, orang-orang yang mengonsumsi obat pelangsing perlu minum multivitamin tambahan.

2. Supresi rasa lapar

Ada banyak cerita horor yang cukup menunjukkan bagaimana obat pelangsing bisa membunuh. Obat pelangsing biasanya mengandung unsur yang disebut sibutramine, yang memicu sistem saraf simpatik. Ini menekan rasa lapar tetapi juga dapat meningkatkan denyut jantung normal seseorang yang dapat menyebabkan serangan jika tidak terkontrol.

Delirium (gangguan kesadaran), hiperaktif, peningkatan tekanan darah, muka memerah dan insomnia adalah efek samping tambahan dari supresi rasa lapar yang dilakukan oleh obat pelangsing. Bahkan, beberapa orang dilaporkan menderita bekuan darah yang terjadi karena tekanan darah meningkat.

3. Tubuh tidak nyaman

Terlepas dari kenyataan bahwa obat pelangsing dapat mengekspos Anda terhadap bahaya serangan jantung, pil ini juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh.

Orang yang mengonsumsi pil ini biasanya tidak memiliki kontrol atas buang air besar (BAB). Peningkatan perut kembung dan tinja berminyak juga merupakan beberapa ketidaknyamanan tambahan pada orang-orang yang mengonsumsi obat pelangsing. Efek lainnya, seperti sakit kepala, sakit perut, mulut dan tenggorokan kering, kecanduan dan sembelit.

4. Menopause dini

dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter spesialis ginekologi dari RS Pusat Pertamina menjelaskan pada umumnya obat pelangsing yang dibeli tanpa resep dokter memang dapat membuat perempuan langsing dengan cara instan. Tapi efeknya, obat pelangsing yang sembarangan tersebut dapat menyebabkan perempuan buang air kecil secara berlebihan.

Demikian Efek samping obat pelangsing bagi kesehatan semoga bermanfaat

Silahkan comentar melalui Facebook